Sabtu, 19 November 2016

Mengenal Lebih Dekat JR E233 Series (Part 3 : Last)

Konbanwa minna,nah ketemu lagi sama mimin nih,masih dalam pembahasan seputar JR E233 series,setelah di postingan sebelumnya kita sudah membahas sedikit tentang JR E233-2000 si bodi ceper dan seri yang paling beda dari 233 yang lain,lalu juga E233-3000 dengan 2 buah gerbog tingkat,dua set bangku 2-2 yang berhadap hadapan,serta JR E233-5000. Sekarang di postingan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan sisa seri yang lain,langsung saja di simak :

  • JR E233-6000
Seri ini memulai debutnya pada 16 februari 2014 yang di gunakan untuk melayani Yokohama Line menggantikan seri JR 205-0 yang sebelumnya melayani jalur ini. Mengikuti seri terbarunya yaitu 233-7000,beberapa set terbaru seri 233-6000 juga di lengkapi lampu LED pada interiornya sebagai tambahan pencahayaan sekaligus papan informasi digital yang terletak di atas pintu kereta sehingga memudahkan para penumpangnya agar tidak tersesat,tak hanya itu di setiap ujung kereta pertama dan terakhir (gerbong 1 dan 8) terdapat ruang khusus untuk pengguna kursi roda.

LED display dan LED lightning di atas pintu
Formasi kereta sendiri terdiri atas 8 rangkaian gerbong tiap setnya dengan total sekitar 224 (28set) gerbong yang berdinas,sayangnya di bandingkan seri yang lain,taspat maksimum seri yang ini saat berdinas hanya 95 km/h.

  • JR E233-7000

 JR E233-7000 series memulai debutnya pada 30 juni 2013 dengan melayani rute Kawagoe Line,Saikyo Line,dan Rinkai Line menggantikan seri Jr 205-0. Seri inilah seri pertama yang di lengkapi dengan lampu LED dan juga di lengkapi dua buah camera CCTV pada gerbong pertamanya.

kursi prioritas yang terletak di ujung gerbong

kamera CCTV yang terdapat di gerbong 1

interior
jumlah gerbong tiap setnya sendiri adalah 10 gerbong per set dengan total ada sekitar 310 gerbong atau 31 set yang berdinas. Dan sebagai tambahan info,set 122 merupakan set pertama dari seri ini yang di buat oleh JTREC (Japan Transport Engineering Company).


  • JR E233-8000

oke kita masuk ke seri terakhir dari JR E233 series,seri satu ini memulai debutnya pada 4 oktober 2014 melayani rute Nambu Line menggantikan seri JR205 dan 209 yang di afkirkan (adapun untuk Jr 205 ex nambu line,maka di kemudian hari ia di kirim ke Indonesia).

tak banyak yang akan di bahas dari seri yang satu ini,sebagaimana dua seri sebelumnya yaitu seri E233-6000 dan E233-7000,seri yang satu ini juga dilengkapi dengan lampu LED pada interiornya,dan juga terdapat ruang khusus bagi pengguna kursi roda pada gerbong pertama dan keenam.

interior
nah adapun jumlah gerbong tiap setnya sendiri terdiri dari 6 gerbong per setnya dengan total ada sekitar 210 gerbong atau 35 set yang berdinas.


yosh,akhirnya kelar juga pembahasan kaporit mimin yang satu ini,penasaran seri apa yang akan di bahas di postingan selanjutnya? sering mampir ke blog kecil ini ya minna,karena mimin akan terus berusaha sharing ilmu seputar perkereta apian dari negeri sakura.

akhir kata Arigatou Gozaimasu sudah mau mampir di sini,sampai bertemu di post selanjutnya ^_^

sayounara!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar