konbanwa minna,mimin balik lagi nih buat lanjutin post waktu itu tentang JR E233 series. kalau sebelumnya kita sudah membahas tentang profil singkat JR E233,lalu beberapa rolling stock dari E233 seperti eksterior dan interior E233-0 dan E233-1000. Jadi di postingan kali ini mimin bakal lanjutin post rolling stock E233 series lainnya. Langsung aja cekibrot!!
seri ini bisa di bilang seri terceper dari E233 series,seperti yang sudah mimin bilang di post sebelumnya,ketinggian lantai gerbong kereta dengan tanah hanya 1,13m. kalau dari segi exterior sendiri,E233-2000 memiliki desain body yang berbeda dengan seri Jr E233 lainnya,bahkan lebih mirip seperti Tokyo Metro 05 series (menurut mimin :v) karena produsennya sendiri adalah
Tokyu Car yang juga merupakan produsen
Tokyo Metro series seperti TM 6000,TM 5000,dsb.
 |
exterior |
JR E233-2000 sendiri juga digunakan untuk melayani rute Tokyo Metro seperti
Joban Line dan
Chiyoda Line. Rangkaian pertamanya memulai dinasnya pada 9 september 2009 dan menggantikan Jr 203 series. Adapun jumlah gerbong tiap setnya terdiri atas 10 gerbong per set dengan total sekitar 18 set yang berdinas.
 |
interior |
 |
exterior |
Selanjutnya kita beralih ke seri 233-3000,seri ini merupakan sub-series yang terdiri atas rangkaian 5 dan 10 gerbong per setnya. Debutnya sendiri di mulai pada tahun 2008 dengan melayani
Tokkaido Main Line,Takasaki Line,Utsunomiya Line,Ueno-Tokyo Line,dan
Shonan-Shinjuku Line menggantikan 211 series.Ciri khas yang paling menonjol pada seri ini adalah dengan hadirnya 2 buah gerbong tingkat yang di posisikan sebagai gerbong keempat dan kelima pada rangkaian 10 gerbong. Tak hanya gerbong tingkat,seri E233-3000 juga memiliki dua pasang kursi seat 2-2 yang berhadap hadapan pada gerbong ke 1, 2, 9, 10, 14,dan 15. Berikut mimin hadirkan gambar interior seri yang satu ini.
 |
bangku dengan seat formasi 2-2 di tengah rangkaian gerbong 1, 2, 9, 10, 14,dan 15 |
 |
nah ini adalah interior gerbong tingkatnya,bagian dasarnya |
|
 |
ini adalah interior ruangan saloon yang terletak di ujung gerbong tingkat |
 |
interior bagian atas |
nah bagaimana menurut minna interior seri yang ini? tampak mewah bukan? nah berikut ini adalah penampakan gerbong tingkatnya dari luar
nah sekarang kita beralih ke seri selanjutnya sekaligus seri terakhir yang akan kita bahas di pertemuan kali ini,yaitu JR E233-5000 series. Seri yang satu ini memulai debutnya pada 1 juli 2010 untuk melayani rute
Keiyo Line. set pertamanya,yaitu set 501 dikirim pertama kali dari
JR Niitsu Factory pada 10 maret 2010. Jumlah gerbong tiap satu setnya sendiri terdiri atas 4,6,dan 10 gerbong per setnya dengan total ada sekitar 240 gerbong atau 28 set yang berdinas.
mungkin segini dulu yang bisa mimin bagi untuk postingan kali ini,oh ya rajin rajin main ke blog kecil ini ya,supaya yang belum tahu jadi tahu dan yang sudah tahu jadi makin lebih tahu..
Sayounara!!!
Ntap ter. Ngebahas ini dong. JR 205-23. Riwatnya dia dari Jepang sampai dinas Di Indonesia. Trimakasih.
BalasHapus